Please wait...

Kedangkalan Literasi

By Administrator on 12 Feb 2018 Ngacapruk

Kedangkalan Literasi


Apa sih Literasi itu? National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Membaca memang akar dari literasi. Tanpa membaca, kita tergagap-gagap memahami dunia. Sayangnya hanya ada 1 dari 1.000 orang Indonesia yang membaca buku secara rutin. Ini pekerjaa rumah yang cukup besar bagi bangsa ini. Dan hebohnya hoax adalah bukti bangsa ini tidak punya kemampuan saring sebelum sharing. Bukti pendeknya pikiran dan dangkalnya pemahaman.

Lantas apa yang bisa kita perbuat? Apakah kita kita masih perlu mengejar ketinggalan dari bangsa lain? Sepertinya jargon itu sudah kehilangan ruhnya. Sebab, secepat-cepatnya kita mengejar, bangsa lain akan selalu di depan. Sebab bangsa lain tidaklah diam. Kita jadinya sibuk mengejar mimpi orang lain. Dan kita tetap ngos-ngosan mengejar di belakangnya. Kita tetap akan menjadi follower, tanpa pernah menjadi leader.

Untuk menjadi leader, bangsa ini harusnya punya impian hebat atau punya musuh bersama. Sebab, itulah yang akan mampu menyatukan semua potensi bangsa ini. Kalau impian hebat belum punya, sejatinya kita menciptakan musuh bersama. Dan siapa musuh bersama itu?

Sepertinya kedangkalan kemampuan literasi bangsa ini layak dijadikan musuh bersama. Sebab, UNESCO menjelaskan bahwa kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat. Kemampuan literasi dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Salam literasi. #catatanHK, ngacapruk subuh.